MEMBUAT BUNGKUS KRIPIK KENTANG LEWAT APLIKASI BLENDER
Halo semua, saya disini ingin coba membuat bungkus kripik kentang sederhana lewat aplikasi blender langsung saja kita mulai.
Buka aplikasi,
lalu hapus objek cube. Karna kita ingin membuat bungkus kripik kentang maka
objek yang dipakai adalah Silinder, caranya
Berikut
adalah tutorial untuk membuat bungkus keripik kentang, dengan environment dalam
sebuah minimarket.

Tekan Shift+A, dan pilih Cube, untuk mengubahnya menjadi bentuk yang diinginkan, digunakan kombinasi Scale dengan sumbu XYZ.
Setelah mendapat bentuk yang diinginkan, buat subdivisionnya dengan
menekan CTRL+R
Kemudian, untuk mendapatkan sudut-sudut yang lancip (seperti
pada bungkus keripik kentang), pilih mode edge, kemudian klik merge>collapse
untuk mendapat sudut yang lancip. Perintah ini akan menyatukan kedua sudut
tersebut menjadi 1 node.
Setelah itu kita bermain lagi dengan perintah Scale dengan
menekan sumbu XYZ untuk mendapatkan bentuk seperti di atas.
Setelah itu kita menggunakan UV Editing, untuk
memasukkan merk keripik kentang ke objek yang telah di render.Pilih New di
window bagian kiri, kemudian Open gambar yang
ingin digunakan. Select ALL atau
tekan tombol A untuk memilih
semua ruas di window kanan, kemudian tekan U. Karena bentuk
objeknya agak rumit, kita pilih Smart UV Project. Map
yang telah di render akan muncul di bagian kiri window, dan kita hanya perlu
menyesuaikan Map dengan gambar yang tersedia.
Kemudian, ganti ViewPort Shading dengan
mode Texture, untuk
melihat hasil gambar setelah diaplikasikan ke objeknya.
Berikutnya, untuk menghasilkan efek yang sama saat objeknya di render, gunakan
perintah berikut. Di bagian kanan layar, pilih tab Material,
dan New. Setelah
itu, pilih tab Texture. Kemudian
ganti type texture menjadi Image or Movie. Di
bawahnya lagi buka image yang akan digunakan sebagai label. Kemudian dibawahnya
lagi, di bagian Mapping, pilih
koordinatnya sebagai UV.
Berikut adalah hasil texturenya:
Sekian terima kasih.







Comments
Post a Comment